Jumat, 27 Juli 2012

Meningkatkan Performa Motor

Apa kalian jenuh dengan kondisi motor yang Lemot dan kurang bergairah ?, hehehe. Tenang kali ini saya akan memberikan Info yang dapat membuat motor anda Bertenaga dan Bandel, Bahkan bisa membuat kecepatan motor anda melampaui kecepatan Kereta Api, cya itu sich cuma Iklan di Tv.
Ada banyak faktor yang membuat motor anda Lemot dan lambat antara lain :

  1. Usia Motor, usia motor yang udah tua otomatis akan banyak kerak mesin yang ber akibat menghambat Proses laju Gas bakar ke Ruang bakar.
  2. Penggunaan yang asal-asalan yang menyebabkan Part motor cepet aus seperti : Kampas kopling, Ring seher, Katup Klep,dll.
  3. Udah bawaan Pabrik, Motor sekarang berbeda dengan Motor dahulu dari segi Performa Motor zaman dahulu lebih Topcer dan dan Bandel di banding Motor zaman sekarang karena pada Zaman sekarang atau tahun 2000 ke atas banyak Pabrik-pabrik motor Membatasi kecepatan motor katanya sich demi keselamatan si pengemudi. Cth : pada motor zaman sekarang putaran arus Cdi pada motor di batasi hingga kurang lebih 8000/9000 rpm untuk motor bebek istilahnya sich Cdi Limiter.
 Sedangkan Jamu-Jamu nya untuk meningkatkan Performa motor biar Bertenaga dan Roso-roso sebagi berikut :

 1.  Meningkatkan Kompresi di ruang Bakar.

Kompresi adalah pemampatan campuran udara dan bahan bakar ( premium,pertamax dll ) sampai pada ukuran tertentu untuk kemudian dinyalakan sehingga menghasilkan daya dari pembakaran bahan bakar . kalau para mekanik menyebut Kompresi di ruang kabar adalah Rasio Kompresi

  •  Langkah untuk Menaikan rasio Kompresi :
  1.  Membubut Cylinder head 0,5 mm/ tergantung pada ketebalan Head motor masing-masing.
  2. Mengganti Seher Standart dengan Seher yang memiliki Ukuran lebih Besar dari Ukuran standart atau bisa mengAplikasikan Seher jenong yang sudah banyak di jual di pasaran.
  3. Mengurangi Jumlah Sekat pada tiap Cylinder Block, tetapi Kompresi yang di hasilkan sangat sedikit dan bisa menimbulkan Bocornya oli.

 2.  Porting lubang Intake dan Exhaust

Porting adalah langkah untuk memperlancar dan memper banyak Gas Bakar ( campuran udara dan bahan bakar ) menuju Ruang bakar.
Dalam memodifikasi Head/Porting bertujuan untuk menghilangakan hambatan ataupun Sudutan yang mengakibatkan aliran Gas Bakar menjadi berkurang.


Cth : lubang Intake dengan Lubang Manifold harus lurus/sejajar agar pasokan Gas Bakar tidak membentur dinding Intake.

3.  Merubah Durasi Camshaft/Noken As.

Camshaft atau nama bengkelnya Noken As adalah Part/alat yang berfungsi untuk mengatur buka/tutup nya katup/klep pada mesin motor.
Sedangkan sistim kerja Noken as sebagai berikut :
  • Apabila titik A menyentuh pelatuk, maka katub akan mulai terangkat dan akan terbuka penuh saat menyentuh titik tonjolan B.
  • Setelah melewati titik Puncak B katub akan tertutup rapat dan kembali ke posisi semula setelah melewati titik C.
  • Dari titik A kemudian naik ke titik C kemudian ke titik B disebut Durasi Noken As.
  • Tinggi tonjolan Noken As menentukan Lift Max
  • Bentuk Profil tonjolan menentukan percepatan penutupan dan pembukaan katub oleh bentuk Profil tonjolan

4.  Mengganti Cdi standart ( Limiter ) dengan Cdi racing ( Unlimiter )




CDI atau Capacitor Discharge Ignition adalah sistem pengapian pada mesin pembakaran dalam dengan memanfaatkan energi yang disimpan didalam kapasitor yang digunakan untuk menghasilkan tegangan tinggi ke koil pengapian  sehingga dengan output tegangan tinggi koil akan menghasilkan Percikan api di ujung Busi.
sedangan perbedaan Cdi Limiter dan Cdi Unlimiter sebagai berikut :
  • Cdi Limiter adalah Cdi yang memiliki Batasan dalam memericakan api kedalam mesin lewat Coil dan Busi. Biasanya Cdi Pada Motor bawaan pabrik memiliki limiter sekitar 8000/9000 rpm. Sehingga apabila motor Dipacu pada kecepatan penuh atau Rpm tinggi lebih dari pada Rpm yang di teentukan oleh Cdi mesin akan Ngok atau Melambat.
  • Cdi Unlimiter adalah Cdi yang Tidak memiliki batasan dalam Memercikan Api kedalam Ruang bakar sehingga Motor dapat Di pacu hingga Rpm maksimal, motor mengeluarkan tenaga puncak nya. Sebenarnya Cdi Unlimiter juga memiliki Batasan dalam memercikan Api hingga 20000-40000 Rpm, tetapi kebanyakan kemampuan Motor hanya dapat meraih 14000-18000 Rpm saja. Moto Gp saja kadang paling tinggi di Rpm 20000-25000 Rpm saja.



 Sekian Informasi saya yang saya ketahui bagaimana cara untuk Menaikan Performa Motor, semoga bermanfaat.






 
            


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More