Minggu, 21 Oktober 2012

10 Daftar Nama Penemu Asal Indonesia


Bagi kalian yang ingin mengetahui siapa saja Ilmuan dan Penemu asal Indonesia yang di akui oleh dunia, silakhan kalian simak Ulasan di bawah ini Daftar 10 Penemuan yang berasal dari Dunia.

1. Tjandramukti


Peneliti pertanian tropis dan salah satu pelopor mixed farming yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya di desa ini, sekitar tahun 2000 berhasil menemukan varietas kedelai baru yang memiliki produktifitas yang tinggi, mencapai 3,4 ton per hektar (salah satu yang tertinggi di daerah tropis secara internasional ), dibandingkan rata- rata nasional yang hanya 1,3 ton per hektar.Kedelai ini memiliki ukuran besar, protein yang tinggi (43,9 %), umur yang pendek (72 hari), dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di daerah tropis bila ditanam dengan best practice yang beliau kembangkan. Hasil pemurnian bertahun- tahun dalam keadaan yang terkontrol, pada akhirnya menghasilkan dua varietas kedelai unggul, yang pertama telah diserahkan kepada pemerintah daerah dan di daftarkan menjadi benih kedelai unggul nasional dengan nama Kedelai Grobogan, sedang varietas yang lain belum didaftarkan.Selain kedelai, beliau juga menemukan konsep sumur resapan komunal untuk memanen air hujan di lahan persawahan serta metode optimalisasi tanaman subtropis di daerah tropis seperti ketela pohon, jagung, dan kedelai.

2. Mujair


Pernahkah kalian Memakan Ikan Mujair ? Ya Ikan yang memiliki Banyak duri - duri tajam ini ternyata dulunya merupakan Ikan yang berhabitat di Air Laut, sebelum pada tahun 1939 ada seseorang Yang bernama Pak Mujair berhasil menemukan dan membudidayakan Ikan tersebut pada Habitat Air Tawar, Dan kemudian Ikan tersebut di beri nama " Mujair " seperti penemunya.








3. Prof. Poorwo Soedarmo


Mungkin tidak asing bagi anda mendengar kata / slogan " Empat Sehat Lima Sempurna ", Ya kalian pasti pernah mendengar slogan tersebut, kalau saya perasaan sejak TK sudah mendengar Slogan tersebut, heheh. Slogan yang sudah mendarah daging di indonesia ini di cetuskan oleh Seorang Tokoh Gizi yang berasal dari kota Malang kelahiran tahun 1904 yang bernama Prof. Poorwo Soedarmo.

4. Tjokorda Raka Sukawati





Beliau adalah penemu metode Sosrobahu Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain.


5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo


Cakar Ayam ? Eits jangan Mikir makanan lho, yang saya bahas ini merupakan Penemuan Cakar Ayam pada pondasi Bangunan, biasanya Cakar Ayam di Aplikasikan pada bangunan yang berdiri pada lahan Yang Labil atau rawan guncangan.

Pondasi " Cakar Ayam " ditemukan oleh sosok asli Pribumi yang bernama Prof. Ir. R.M. Sedyatmo pada tahun 1962 beliau lulusan ITB pada tahun 1934, Sedang kan konsep pondasi " Cakar Ayam " sendiri sudah banyak di adopsi oleh banyak Bangunan di Dunia.










6. Mukibat



Pak Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri ini pada tahun 1950 menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat, meskipun saat ini banyak orang mengaku- aku sebagai sistem mereka dengan sedikit modifikasi dari aslinya.

7. BJ HABIBIE










BJ Habibie selain pernah menjadi Prsedin Indonesia ke 3 beliau juga merupakan Ahli Pesawat pria Lulusan ITB tahun 1960 ini juga pernah menimba ilmu di akademi Technische Hochschule Die Facultaet Fue Maschinenwesen, Aachen, Jerman. Eits, beliau terkenal di dunia bukan karena pernah menjabat menjadi Presiden Indonesia tetapi karena Penemuan nya dalam Dunia Penerbangan dengan nama Teori "  krack Progression " Teori tersebut membuat Sayap Pesawat Terbang menjadi kuat dan tidak mudah kropos.

8. Michael Iskandar a.k.a Om Chia




Pasti kalian pernah melihat Gelaran adu kebut Motor Dunia " Moto GP ", Ternyata salah satu System yang di adopsi di dalam mesin kendaraan Moto GP tersebut ada rancangan Orang Indonesia lho, yaitu System Big Bang atau ledakan besar. System ini Sangat efektiv di Aplikasikan pada mesin besar Moto GP karena dapat menghasilkan Tenaga yang Besar dan Cepat.
Tekhnologi tersebut dibuat oleh Om Chia, Bagi kalian yang Suka menggeluti dunia balap motor mungkin tidak asing dengan nama beliau yaitu Michael Iskandar atau sering disebut Om Chia beliau merupakan Mantan pembalap pada era tahun 50'an, dan Setelah pensiun dari Joki balap motor beliau beralih profesi menjadi Mekanik dan menjadi bagian dari Tim Riset Suzuki pada tahun 1963.









9. Prof. Dr. Khoirul Anwar


Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) adalah seorang Warga Negara Indonesia yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang.Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.

10. Pak Minto


BERAWAL dari pemikiran, suatu saat kayu hutan dan minyak bumi akan habis. Minto(48), guru SD Negeri Prambon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur(Jatim), memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. Ketika itu tahun 1986.Pengetahuannya tentang sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas mengilhamipembuatan kompor tenaga Matahari itu.Minto mengakui, kompor tenaga surya berfungsi ganda yang dihasilkannya memang tidak praktis. “Memang perlu penyempurnaan, supaya lebih praktis,” ujarnya. Kompor tenaga surya hasil buah karya Minto ini, tidak hanya dinikmati tetangga-tetangga dekatnya, tetapi juga oleh para pembelinya. Maukah CGI, World Bank, ADB atau UNDP membantu membiayai usaha2 Minto yang brilian ini.


sumber : http://ditjenahu.kemenkumham.go.id


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More